Rabu, 09 Oktober 2013

Positioning Produk: Pepsodent


Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengidentifikasihan salah satu brand yang sudah berhasil mengakar kuat dan sudah lama di Indonesia, yaitu produk pasta gigi pepsodent. Berbagai upaya yang telah dilaksanakan Unilever berbuah manis. Pepsodent pada awalnya melaksanakan positioning pada gigi lebih putih dan sehat, selanjutnya disempurnakan sebagai perawatan gigi.

Iklan 1

Pada iklan pertamanya, Pepsodent menggambarkan bahwa gigi akan tampak cerah seketika hanya dengan sekali sikat. Hal ini digambarkan dengan seorang wanita yang sedang pindah rumah dengan menggunakan jasa Packers & Movers. Namun kesulitan untuk menata barang-barang tersebut. Setelah ia menggunakan pasta gigi Pepsodent White Now, ia mendapatkan senyum yang dapat menarik perhatian orang-orang untuk membantunya. Dengan hal ini, tujuan Pepsodent adalah mengajak konsumen menggunakan produk nya agar mendapatkan senyum yang cerah.

Iklan 2



Pada beberapa iklan diatas, positioning Pepsodent adalah mengenai palindung gigi. Gigi bersih dari kuman dan terlindungi, sehingga bebas sakit gigi. Hal ini digambarkan jika gigi yang kotor dapat menyebabkan sakit gigi akibat kuman. Jika ingin gigi yang sehat dan terlindungi, gunakanlah Pepsodent.

Iklan 3


Iklan diatas termasuk re-positioning pada Pepsodent. Terlihat jelas sekali perkembangan nya, dari mulai mempromosikan pasta gigi, sampai dengan sikat gigi nya. Namum sikat gigi juga tetap mempunyai keunggulan, yaitu dapat membersihkan semua bagian mulut. Dari positioning “Sikat gigi pagi dan malam” juga merupakan kesimpulan yang dilihat dari masa ke masa, walaupun dengan kalimat yang berbeda, semua iklan Pepsodent menonjolkan fungsinya. Dari mulai gigi putih, perlindungan gusi sampai perlindungan gigi berlubang.

Terima kasih, semoga bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar