Rabu, 02 Oktober 2013

Marketing 4P (Produk, Price, Place, Promotion)


Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara-cara yang harus diketahui seseorang bila ingin perusahaan nya dapat dikenal dan diposisikan dengan baik oleh konsumen. Simak artikel berikut ini!

Yang pertama kita bahas adalah Product. Menentukan produk barang atau jasa adalah langkah awal suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Bagaimana bila produknya bisa bersaing dengan perusahaan lainnya? Langkah yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian kecil-kecilan. Dengan cara, kita harus bisa dekat dengan target konsumen yang dituju, istilah dekat adalah kita cari tau apa sih kebutuhan yang sedang diperlukan konsumen. Hasil dari penelitan tersebut dapat memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan dimasukinya dan produk apa yang sesuai dengan target pasar.
Jika perusahaan x mempunyai produk yang sama dengan perusahaan y, dapat dilakukan dengan cara membandingkan kedua produk itu. Kembali lagi pada konsumen, lakukannya pertanyaan mengenai kelemahan dan kelebihan dari y. cara terbaik yang dilakukan perusahaan x adalah menyelediki kekurangannya. Kekurang dari perusahaan y itulah yang akan menjadi keunggulan dari perusahaan x.

Yang kedua adalah Price. Dalam menentukan harga bukanlah suatu hal yang mudah. Hitunglah biaya yang dikeluarkan dari awal membuat produk sampai dengan produk itu di produksi. Harga yang dihasilkan tentu harus ada keuntungan nya, dan juga tidak menjadikan kerugian bagi konsumen.

Selanjutnya adalah Place. Place disini berarti tempat dimana kita mendistribusikan produk. Tempat yang dipilih harus strategis, tidak terlalu jadi dari target konsumen agak tidak berakibat buruk kepada kegagalan usaha yang dijalankan.

Terakhir adalah Promotion. Tanpa promosi, ketiga hal diatas akan percuma karena produk tidak akan dikenal oleh konsumen. Cara yang digunakan dapat berupa Print-Ad (poster, brosur, dan media cetak lainnya), atau dengan menggunakan media social yang sekarang sedang booming. Cara yang dilakukan harus unik, beda dari yang lain agar dapat lebih menarik perhatian konsumen. Sebisa mungkin dapat menarik hati konsumen dan tetap setia pada produk kita.

Sedikit banyak penjelasan diatas semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.
Semangat pengusahan muda! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar